Jumat, 23 Februari 2018

Trading Mengikuti Berita yang Muncul


Inilah hal-hal yang perlu di perhatikan saat ingin Trading mengikuti Beria :



    Lakukan analisis teknikal. Sebelum melakukan open posisi saat berita muncul lebih baik
    melakukan analisis teknikal secara menyeluruh terutama trend pada timeframe yang lebih besar semisal D1. Hal ini perlu dilakukan agar mampu mengidentifikasi kemungkinan pergerakan harga dalam jangka panjang, jadi apabila terjadi kesalahan posisi tetap kembali kepada trend jangka panjang dan meminimalkan kerugian yang terjadi.

  • Tunggu Berita Rilis. Dalam melakukan trading saat berita muncul kita tidak boleh melakukan dugaan, karena data ekonomi sifatnya pasti namun kita tidak tau informasi tersebut secara pasti. Maka dari itu tunggu hingga rilis data dan mengetahui nilai data ekonomi yang muncul. Apabila kita sudah melakukan analisis teknikal dan mampu membaca arah trend jangka panjang dan kemungkinan rilis data yang muncul sesuai dengan trend tersebut, maka bisa dilakukan pending order untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan harga yang begitu cepat. (Baca:Menunggu moment atau mencari Moment)

  • Tetap Berpegang pada Money Management. Dalam trading berita yang memiliki dampak tinggi biasanya lonjakan harga bisa terjadi begitu cepat dan pembalikan harga yang begitu cepat juga, maka dari itu dalam melakukan trading ini tetap berpegang pada money management yang sudah ditentukan, sehingga terjaga kondisi balance yang aman dan tidak terjadi margin call.

  • Fokus pada Resiko dan Reward. Dalam trading forex tentu saja kita ingin melakukan aksi open posisi dengan resiko yang kecil dan reward yang besar. Maka dari itu dalam melakukan anilisis sebelum berita muncul adalah membaca kemungkinan pergerakan harga sampai dimana dengan memperhatikan support dan resistance terdekatnya (Baca: Cara menentukan support dan Resistance). Posisi support dan resistance ini penting untuk membantu kita dalam memprediksi sampai dimana harga akan bergerak dan mengetahui waktu yang ideal untuk keluar dari market dan mengambil keuntungan atau profit.

  • Dengan melihat beberapa poin diatas, maka trading ketika muncul berita yang memiliki dampak yang tinggi bukan hal yang salah, namun justru terkadang moment ini adalah moment yang baik untuk memperoleh profit dengan waktu yang relatif singkat. Hal penting yang harus diperhatikan adalah persiapan sebelum menghadapi rilis berita. Kita harus tau kemungkinan-kemungkinan yang terjadi serta langkah-langkah antisipasi yang harus dilakukan apabila terjadi kesalahan posisi.

  • Hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah bahwa kita melakukan trading tidak hanya satu kali
    saja, namun kita berharap bisa melakukan trading lebih dari satu kali untuk membuka peluang profit yang bisa kita ambil dari aktivitas trading ini. Untuk itu dalam melakukan trading ketika rilis berita sebaiknya tetap memperhatikan ketahanan dari akun yang kita miliki, jangan sampai kita mempertaruhakan seluruh akun kita hanya untuk melakukan satu peluang dari berita berdampak tinggi. Kita harus lebih rasional dalam melakukan aksi jual atau beli, tetap berpegang pada money management dan membuka cara pandang kita terhadap aktivitas trading bahwa kegiatan ini adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara terukur dan bertahap, bukan secara singkat dan bertujuan memperoleh profit sebesar-besarnya dalam waktu singkat. Apabila hal ini terjadi maka kita akan terjebak pada semangat trading yang lebih fokus pada keuntungan saja dan bukan pada tingkat resiko yang mungkin terjadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar